Posts

PEGADAIAN KANWIL VI GELAR FESTIVAL "TRING" SELAMA 3 HARI DI MALL RATU INDAH MAKASSAR

Jurnalinti24news



Makassar— PT Pegadaian kembali menghadirkan kemeriahan bagi masyarakat Sulawesi Selatan melalui Festival Tring yang digelar di Mal Ratu Indah Makassar mulai 31 Oktober hingga 2 November 2025.

Acara ini menjadi bagian dari kampanye nasional "Mulai Dari Tring" yang bertujuan mendorong generasi muda dan masyarakat umum untuk mengambil langkah finansial yang cerdas sejak dini.

Festival Tring menghadirkan berbagai agenda, di antaranya: Tring Got Talent CompetitionTring! Idol Competition Tring, Clash of Champion Agency, Performance Bazar Emas & UMKM, ExpoTalkshow & Entertainment,Quiz & Games

Selain hiburan, festival ini juga menjadi wadah edukasi keuangan, khususnya terkait pengelolaan finansial, investasi emas, hingga peluang usaha melalui produk Pegadaian. Pelaku UMKM lokal turut diberi ruang untuk memamerkan produk unggulan mereka dalam UMKM Expo.

Dalam acara yang sama, Pegadaian secara resmi memperkenalkan aplikasi terbaru bertajuk “Tring!” sebagai bagian dari transformasi digital perusahaan, yang dihadiri langsung oleh Ngadenan, Kepala Wilayah VI PT Pegadaian Muhammad Amri, Kepala Bagian Perekonomian Kota Makassar, mewakili Wali Kota Makassar Perwakilan OJK, Arif Machfoed Jajaran manajemen Pegadaian dan tamu undangan lainnya

Ngadenan dalam sambutannya mengatakan  bahwa aplikasi Tring merupakan pengembangan dari aplikasi digital sebelumnya. Nama “Tring” terinspirasi dari tiga lingkaran hijau Pegadaian, sebagai simbol dinamika dan kedekatan dengan generasi muda dan kami ingin Pegadaian menjadi pilihan anak muda, bukan hanya saat kepepet, tetapi sebagai tempat investasi yang tepercaya.”, Tuturnya

Pegadaian juga memperluas akses investasi bagi masyarakat dengan menyediakan tabungan emas mulai hanya Rp10.000, sehingga kami ingin mendidik masyarakat untuk memulai investasi. Dengan Rp10 ribu saja sudah dapat menabung emas,” Tambahnya.

Saat ini, Pegadaian Wilayah VI yang mencakup Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Maluku, telah memiliki lebih dari 2 juta nasabah. Dengan kehadiran aplikasi Tring!, perusahaan menargetkan peningkatan transaksi digital secara signifikan.


Festival Tring di Makassar menjadi bagian dari upaya memperluas inklusi keuangan, literasi investasi, dan transformasi digital Pegadaian. Melalui peluncuran aplikasi Tring! dan berbagai program edukasi, Pegadaian berharap dapat menginspirasi masyarakat untuk memulai perjalanan finansial yang lebih baik.

Dengan semangat “Mulai dari Tring”, Pegadaian menegaskan komitmen sebagai lembaga keuangan modern yang dekat dengan generasi muda, inovatif, dan mendukung budaya investasi emas 

Liputan  : Mhi LiNa, SE